Saturday, May 12, 2012

KAULA BANGKIT





Pusat Study Dan Keberdayaan Masyarakat Kawasan Utara Lombok Tengah
Pandangan Dasar “PUSAKA KAULA”
Kawasan Utara Lombok Tengah merupakan kawasan yang kaya akan potensi, baik berupa kekayaan Sumber Daya Alam (meliputi : Air, Hutan, Lahan pertanian, lahan perkebunan dan potensi wisata alam) maupun pertumbuhan tenaga produktif yang cukup signifikan bila dilihat dari pertumbuhan angkatan kerja. Namun sangat disayangkan berlimpahnya potensi Sumber Daya Alam tersebut tidak diimbangi dengan semakin membaiknya tingkat kesejahteraan masyarakat. Sebagian besar dari masyarakat di Kawasan Utara Lombok Tengah masih hidup dalam bayang-bayang kemiskinan dilihat dari tingkat akses pendidikan dan kesehatan yang terbatas. Hak-hak dasar masyarakat berupa hak ekonomi, sosial, pendidikan dan kesehatan sejauh ini belum menjadi perhatian serius banyak pihak, sehingga akibatnya adalah fenomena kemiskinan terus saja berlangsung. Menurut hasil kajian Kelompok Kerja Kawasan Utara Lombok Tengah menemukan bahwa ada beberapa hal yang menjadi penyebabnya. Namun yang cukup pokok adalah :
1. Arah kebijakan pemerintah daerah yang masih belum mampu menjawab persoalan-persoalan sosial, ekonomi yang dihadapi oleh masyarakat dan masih banyak program pengentasan kemiskinan yang tidak visioner dan bersandar pada pola-pola yang strategis.
2. Kemampuan dan kesadaran masyarakat yang masih terbatas dalam memanfaatkan kekayaan potensi yang ada.
3. Masih  timpangnya pengelolaan Sumber Daya Alam, artinya dominasi modal belum dapat memberikan dampak kesejahteraan atas pengelolaan Sumber Daya Alam
4. Masih terdapat perbedaan cara pandang antara organisasi rakyat yang ada di Kawasan Utara Lombok Tengah dalam upaya membangun sebuah tatanan masyarakat yang lebih bermartabat.
Melihat beberapa persoalan-persoalan tersebut maka dipandang penting untuk membangun sebuah media konsolidasi organisasi-organisasi rakyat yang berperspektif perubahan agar kemudian dapat melahirkan “Konsep Bersama” dalam membangun dan mengembangkan Kawasan Utara Lombok Tengah (KAULA).

Apakah PUSAKA KAULA?
PUSAKA KAULA merupakan singkatan dari “Pusat Study Dan Keberdayaan Warga Kawasan Utara Lombok Tengah.
PUSAKA KAULA adalah tempat berkumpulnya organisasi-organisasi masyarakat di Kawasan Utara Lombok Tengah untuk secara bersama-sama merumuskan (formulasi) sebuah konsep pembangunan dan pengembangan KAULA yang komprehensif.

Apa yang diinginkan pusaka kaula ?
“terbangunnya tatanan masyarakat kaula yang sejahtera, mandiri, dan partisipatif, pengelolaan sumber daya alam yang berkeadilan melalui strategi pembangunan dan pengembangan organisasi rakyat yang meliputi bidang ekonomi sosial dan budaya”.

Apa Yang Telah Dan Akan Dilakukan Oleh Pusaka Kaula?
Gagasan PUSAKA KAULA tidak muncul dengan sendirinya, namun melalui proses diskusi keliling dimasing-masing desa yang melibatkan semua unsur masyarakat. Gagasan PUSAKA KAULA dimulai dari sebuah komunitas diskusi (POKJA KAULA). Keterlibatan beberapa tenaga produktif dari beberapa desa di KAULA memberikan warna tersendiri dan sebagai upaya dan bentuk awal penyatuan cara pandang ditingkatan tenaga pelopor pada masing-masing desa
Kedepan : PUSAKA KAULA  mengemban semangat untuk dapat menjadi media konsolidasi dan bertukar pikiran bagi Organisasi Rakyat di KAULA, Hal ini untuk mempercepat pelayanan sosial bagi masyarakat dan juga awal pembangunan dan pengembangan tata kehidupan sosial yang berkeadilan.

Upaya-upaya tersebut meliputi :
· Mendorong arah kebijakan pemerintah agar lebih memperhatikan dan dapat memenuhi kebutuhan-kebutuhan sosial ekonomi masyarakat.
· Mendorong keterlibatan organisasi Rakyat (partisipasi aktif) dalam membangun dan mengembangkan KAULA  yang berlandaskan pada aspek keadilan dan kemandirian.
· Mendorong dan ikut membantu terbentuknya Badan Usaha Masyarakat Desa yang tangguh dan mandiri sehingga dapat menjadi salah satu topangan ekonomi masyarakat desa (khususnya masyarakat miskin).
· Melakukan pendidikan alternatif untuk meningkatkan kemampuan dan keberdayaan masyarakat, pemerintah desa dan organisasi-organisasi rakyat di KAULA kaitannya dengan membangun dan mengembangkan konsep PUSAKA KAULA
· Membangun “Kedai Singgah” tempat berkumpul dan bertukar pikiran pada waktu-waktu senggang.

Harapannya PUSAKA KAULA dapat menjadi media pembangunan konsep bersama antara organisasi-organisasi rakyat, pemerintah dan para pemangku kepentingan dalam membangun dan mengembangkan Kawasan Utara Lombok Tengah (KAULA).

Atas segala hal diatas mohon sumbangsih saran dan pikiran, semata-mata untuk turut berpartisifasi guna peningkatan kehidupan masyarakat kearah yang lebih baik.


MASUKKAN EMAIL UNTUK BERLANGGANAN ATIKEL GRATIS:



0 comments:

Twitter Facebook Digg Stumbleupon Favorites