Thursday, June 7, 2012

MAS-MAS DESA WISATA

KM. Kaula. Ketika seseorang berbicara tentang wisata maka yang pasti terbayang adalah keindahan pantai yang dikelilingi hotel berbintangn, Restoran, Cafe, Lesehan dan fasilitas-fasilitas mewah lainnya. padahal jika dikaji bahwa berwisata adalah dalam kerangka mencari ketenangan, mencari pengalaman baru yang tidak pernah dialami sebelumnya, menikmati makanan yang unik yang tidak biasanya dimakan atau singkatnya mencari pengalaman baru.
Berangkat dari hal itulah, sebuah komunitas kecil di Desa mas-mas yang mereka menamakan diri "Kemus Loteng" yang berarti Lombok Tengah Tersenyum, menginstall desa Mas-mas menjadi desa Wisata dengan kemasan program yang Kemus Namakan "Village Based Tourism", Wisata Berbasis Desa atau kebalikannya. dan ternyata benar adanya bahwa sejak program ini  dilounching ternyata banyak sekali diminati oleh wisatawan mancanegara maupun domistik mau cari ketenangan.
adapun paket yang ditawarkan dalam kegiatan ini adalah:

  1. pertama kali tamu dipersilahkan registrasi di sekretariat VBT dengan membayar harga paketan Rp. 150.000,disini tamu di breaffing dan dipasangkan sarung baru kemudian diajak kesekolah terdekat untuk berintraksi dengan siswa sambil melihat kondisi riel pendidikan di desa.

                                     
Setelah itu tamu diajak kekantor desa untuk melihat seperti  apa sih pemerintah didesa yang sesungguhnya merupakan negara kecil indonesia, baru kemudian tamu diajak menyaksikan keindahan pemandangan alam desa mas-mas dengan menyusuri persawahan dan tepian Mbung dao yang menjadi icon desa wisata mas-mas.
Selesai menyusuri persawahan dengan segala aktifitas petani, tamu diajak kedusun Antak-antak untuk berinteraksi langsung dengan masyarakat sambil belajar bagaimana membuat ketak juga mereka disuguhkan snack alam (hasil alam sesuai musim seperti jagung pada musim jagung, kacang pada musim kacang dst.), 
     Selesai dari belajar membuat ketak tamu diajak detempat pembuatan kerupuk bonggol pisang, dengan menggunakan dokar, disini tamu melihat langsung proses pembuatan sekaligus menikmati kegurihannya sambil minum, minuman khas berupa sirup lobe-lobe yang pasti akan segera menghilangkan kehausan setelah



Baru kemudian tamu diajak kerumah warga untuk menikmati makan siang yang sekaligus sebagai akhir dari Paket Wisata yang pasti sangat mengasyikkan.
MASUKKAN EMAIL UNTUK BERLANGGANAN ATIKEL GRATIS:



0 comments:

Twitter Facebook Digg Stumbleupon Favorites